[ARTIKEL] Cita-citaku apa?

Senin, 11 Juli 2016

Hai readers....
Next artikel ini aku mau bahas tentang cita-cita. What the meaning of cita-cita? Cita-cita like a dream ya. Mimpi. Mimpi disini bukan mimpi kalau pas tidur ((bukan)). Jadi, mimpi yang harus, wajib, kudune, pokoke di capai. Entah itu ada badai, angin, dan topan melintag *kenapa jadi alay gini ya*. Oke langsung to the point. Aku dulu punya cita-cita pas TK pengen jadi polwan. Gak tau deh kenapa kok bisa kepikiran pengen jadi polwan. Intinya suka aja sama polwan gitu mungkin kelihatan keren kali ya. Terus pas SD pindah lagi nih cita-cita aku jadi dokter. dokter menurutku saat itu keren selain itu pintar, berwawasan/ilmunya LUAS. SMP aku pengen jadi guru lah, psikolog lah, PNS lah. Bercabang gitu cita-cita aku. Tambah bingung jadi ga fokus ke cita-citaku apa. Nah semenjak SMA ini aku udah fokus sama cita-citaku pengen jadi apa tapi rahasia aja lah. Intinya sudah menemukan yang sesuai minat dan bakat aku tentunya juga kemampuan.
Cita-cita itu bisa pindah-pindah gitu ya? Terus gimana caranya bisa fokus ke 1 cita-cita?
Keinginan/cita-cita/mimpi memang bisa pindah awalnya A jadi B. Karena kita melihat, mengetahui, memahami dan tambah dewasa kita tambah mengerti harus jadi apa ya?. Untuk itu aku mau kasih tips buat kalian biar bisa fokus ke 1 cita-cita kalian.
Gunanya sih untuk memacu kalian dalam belajar "kalau mau jadi dokter ya harus pintar matematika,fisika,kimia,biologi" nah dengan seperti itu kalian bisa memaksimalkan potensi kalian.

1. Kumpulkan semua cita-cita kalian
Yap, kumpulin aja cita-cita kalian dari yang TK-Kuliah.
2. Mengetahui minat  dan bakat
Nah setelah itu kalian harus tau minat dan bakat kalian itu apa. Pentingloh kalau kuliah ngambil prodi/program studi itu ngak main2. Salah milih malah kalian nyesel dan di DO atau drop out. Makanya kalian harus tau bakat dan potensi, bisa tau lewat guru BK disekolahan kalian masing2 kok. Sering konsultasi aja.
3. Pilihlah cita-cita yang sesuai minat dan bakat kamu.
Dipilih aja yang sesuai minat dan bakat kamu dan prospek kedepannya kayak gimana. Fokuskan hanya ke 1 cita-cita tapi kalian masih punya cadangan/target lain biar nanti kalu ada apa-apa masih ada yang lainnya. Tapi, cita-cita tetap fokuskan.
4. Konsekuen sama yang kalian pilih
setelah kalian lakukan step 1-3. Kalian harus konsekuen. Ya terima dan harus bener2 niat buat mencapai apa yang kalian tuju dan jika itu tak sesuai dengan apa yang kamu harapkan itu udah konsekuensi kamu. Intinya semua cita-cita itu baik. Selama kalian punya cita-cita hidup itu penuh dengan target. Kita hidup punya tujuan. Apa yang bisa dicapai dalam tujuan itu? Ya usaha, niat, dan keinginan yang kuat.

0 komentar: